9 Makanan Tradisional Khas Jepang yang Patut dicoba

Ketika kalian pergi ke Jepang, pastikan untuk mencoba 11 makanan tradisional khas Jepang ini. Dilansir dari situs Matcha-jp.

Makanan Tradisonal Jepang - Makanan yang mesti dicoba

Ketika kita mengunjungi jepang, tentu kita ingin mencicipi makanan Jepang langsung di rumah asalnya. Ada banyak jenis makanan dan spesialisasi lokal yang dapat kalian pilih, karena itu kami merangkum sebagian makanan tradisional khas Jepang yang kami rekomendasikan.

1. Sushi

Sushi adalah salah satu makan khas Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. makanan tradisional khas Jepang ini ditawarkan dengan berbagai harga dan cara, dari mulai kaiten-zushi dimana pengunjung dapat mencicipi sushi dengan harga sekitar 100yen per piring, hingga sushi Edomae, dimana chef menyiapkan sushi untuk kalian makan saat kalian duduk di meja konter tepat di depan mata kalian.

Sushi mengacu pada hidangan nasi cuka yang ditekan dengan sepotong ikan mentah atau kerang, yang disebut neta. Sushi pada umumnya dimakan dengan kecap asin dan wasabi atau tanpa wasabi.

Sushi dapat dimakan langsung dengan tangan atau dengan menggunakan sumpit. Namun, ada hal yang harus diperhatikan. Saat sushi dicelupkan ke dalam kecap asin, kalian harus membalikan dan mengoleskan kecap asinnya ke neta. Ini untuk mencegah nasi menyerap kecap terlalu banyak dan menghilangkan rasa asli neta itu sendiri. 

2. Sashimi

Sashimi adalah makana selanjutnya yang patut kalian coba. Mirip dengan sushi namun sashimi ini tanpa nasi, sashimi yaitu ikan mentah yang dipotong menjadi potongan yang mudah untuk dimakan, ikan dengan kualitas tinggi yang ditangkap di seluruh wilayah perairan Jepang menjadikannya pilihan hidangan tradisional khas Jepang yang tepat tak peduli apakah kalian mengunjungi Tokyo, Kyoto maupun di tempat lain.

Seperti sushi, pengunjung juga dapat menikmati puluhan jenis sashimi. Maguro adalah jenis yang paling populer dan umum selain varietas tuna lainnya, mackerel, salmon dan bream laut.

kalian juga dapat mencoba uni (landak laut), kerang dan telur salmon. Cari tahu ikan dan seafood apa yang kalian sukai dengan memesan beberapa aneka variasi sashimi.

Biasanya sashimi dimakan dengan kecap asin untuk penyedap, kalian juga dapat menambahkan wasabi sebanyak satu titik ke bagian atas sashimi untuk sensasi ekstra, namun terkadang itu tidak diperlukan. Varietas tertentu, seperti horse mackarel akan disajikan dengan jahe dan bukan wasabi.

3. Unagi - Belut Panggang

Unagi atau belut, adalah jenis hewan air yang banyak ditemukan di sungai. Di Jepang unagi merupakan makanan khas dalam santapan kelas atas.

Dalam hidangan unagi, banyak juga restoran kasual yang melakukan spesialisasi. Kabayaki dapat kalian nikmati saat kalian berada di restoran unagi, dimana unagi disajikan dengan tusuk sate dan dipanggang dengan saus khusus yang mengandung kecap, mirin, dula dan sake.

Makanan khas dari Nagoya yaitu Hitsumabushi, adalah hidangan tradisonal khas Jepang lainnya yang patut dicoba. Penampilannya mungkin dapat mengejutkan orang, mengiris kabayaki di atas nasi putih, namun hidangan ini juga dapat dimakan dengan beberapa cara, contohnya dengan wasabi dan bumbu bawang daun, atau menuangkan teh hijau hangat sebagai ochazuke maupun kaldu di atasnya. Unagi juga disukai orang-orang sebagai makanan yang menyehatkan guna mencegah kelelahan di musim panas karena proteinnya dan dikenal baik juga untuk pencernaan.

4. Tempura

Tempura adalah hidangan yang mencampurkan bahan-bahan seperti daging, sayuran dan makanan laut yang dilapisi adonan kemudian digoreng dengan minyak. Adonan tempura biasanya mengandung tepung dan telur. Tempura biasanya dicelupkan ke dalam saus Tentsuyu yaitu saus khusus sebelum dimakan. Tentsuyu biasanya terbuat dari mirin, kaldu kombu atau bonito kering, dan kecap yang kemudian dicampur dengan perbandingan 4:1:1 lalu dimasak. Kalian juga dapat menambahkan parutan lobak maupun jahe sesuai selera untuk rasa yanq lebih segar.

5. Soba - Mie Sorgum

Soba yaitu hidangan mie yang dibuat dari tepung soba dengan air dan tepung, yang kemudian disebar tipis lalu dipotong menjadi mie dengan lebar sekitar 1-2 cm. Setelah mie direbus dalam panasnya air, mie dapat dimakan dalam sup dingin, maupun dengan menuangkan sup panas ke atasnya. kaldu soba atau biasanya tsuyu  dibuat dari kaldu bonito kering atau kombu, lalu dibumbui dengan mirin dan kecap. Pengalaman sangat penting untuk dimiliki dalam membuat soba yang lezat.

Soba merupakan hidangan tradisional khas Jepang yang dapat dinikmati baik panas maupun dingin, yang menjadikannya sebagai hidangan yang ideal sepanjang tahun.

6. Udon - Mie Gandum Hangat

Udon yaitu hidangan unik yang terkenal dengan mie nya yang tebal. Udon juga merupakan hidangan tradisional kah Jepang yang populer. Bahan untuk adonan udon sendiri dibuat dari bahan tepung & air asin yanq diremas dengan baik kemudian dipotong menjadi mie. Setelah mie direbus dalam air panas, mie udon ini dapat dimakan dengan menuangkan sup dan toping seperti tempura di atasnya, atau bisa juga dimakan dalam sup kaldu seafood sesuai selera. Seperti Soba, kalian juga dapat menikmati udon panas atau dingin. Tidak ada cara khusus untuk menikmati lezatnya mie udon.

7. Onigiri

Kalian mungkin pernah mendengar nasi kepal atau onigiri sebelumnya. Onigiri atau biasa disebut omusubi, mungkin terlihat seperti nasi, namun mereka memiliki isian gurih di dalamnya yang dibungkus dengan lembaran asin rumput laut atau nori. Mereka dibuat dalam bentuk bento makan siang oleh keluarga dan sering terlihat dijual di supermarket maupun toko-toko konbini.

Untuk cemilan dan makanan ringan, onigiri adalah pilihan klasik. Rasanya umum untuk onigiri termasuk nori atau rumput laut dan plum acar atau umeboshi, serpihan bonito dan salmon. Ada juga banyak rasa lainnya pergilah ke toko swalayan atau supermarket guna melihat apa saja varian ras yang bisa kalian temukan.

Meskipun kalian dapat membelinya denqan harga murah maupun membuat onigiri sendiri, ada sebuah restoran yang menawarkan onigiri yang dapat kalian nikmati saat duduk makan. Onigiri ini dibuat dengan tangan oleh koki dengan bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Onigiri Asakusa Yadoroku yang terletak di Tokyo adalah salah satu restoran yang telah menerima penghargaan bintang Michelin untuk bola nasi yang sangat lezat.

8. Yakitori - Tusuk Sate Ayam Panggang

Yakitori yaitu makanan populer selanjutnya di mana ayam dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk dengan sate bambu lalu dipanggang.

Yakitori sering ditemukan di menu ikazaya dan restoran kasual, menjadikannya pilihan yang baik untuk keluar malam di Jepang bersama teman-teman.

Hidangan ini sangat lezat ketika dipasangkan dengan alkohol. Dan jika kalian pergi ke festival Jepang, mungkin kalian akan melihat warung makanan yang menjual hidangan tradisional khas Jepang ini.

Yakitori dapat dipesan di restoran baqian ayam. Kalian juga akan menemukan jenis daging dan sayuran lain pada tusuk sate. Biasanya dibumbui sedikit dengan garam ketika dihidangkan. Kalian juga bisa makan langsung dari tusuk sate.

9.   Sukiyaki - Hot Pot Jepang

Sukiyaki adalah hidangan hot pot yang dimasak dalam wajan besi dangkal, yang secara tradisional dinikmati dimusim gugur dan musim dingin di Jepang. Sukiyaki menjadi populer di Jepang sekitar abad ke-19. Menu ini dapat dibuat di rumah atau juga tersedia di restoran, sukiyaki adalah hidangan yang ingin kalian coba ketika mengunjung negeri Sakura.

Sukiyaki dibuat dengan beberapa bahan berbeda, seperti daging sapi yang diiris tipis, jamur tahu, bawang daun, dan mie. Pengunjung juga dapat menyiapkan hidangannya sendiri dengan merebus bahannya ke dalam panci. Setelah bahan-bahan dimasak hingga matang, untuk dapat memakan sukiyaki dengan cara konvensional, celupkan daging atau sayuran ke dalam mangkuk telur yanq telah dikocok.

Perhatikan bahwa ada perbedaan regional dalam proses bagaimana sukiyaki dibuat di seluruh Jepang, yaitu wilayah antara Kanto dan Kansai. Di Kansai, dagingnya dipanggan sebelum direbus dalam panci. Hasilnya yaitu hidangan lezat dan memuaskan yang akan menghangatkan tubuh kalian dari dalam ke luar selama menjalani hari-hari yang dingin.

Nikmati Makanan Tradisional Jepang!

Apa Pendapat kalian tentang pilihan kami? Ambil kesempatan pertama untuk mecicipi hidangan ini saat mengunjungi Jepang. Restoran Jepang cenderung berspesialisasi dalam satu jenis masakan, dan kami sarankan kalian mencoba makanan tradisional khas Jepang ini di toko atau restoran khusus.

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter