Kini Restoran di Osaka Jepang Telah Dilengkapi Cap Halal

Promosi wisata Jepang kepada muslim yang berkunjung di Jepang kian meningkat akhir-akhir ini. Makanan halal pun telah tersedia mulai 1 Juni lalu.

Tidak hanya itu, mulai 1 Agustus setiap menu makanan di berbagai hotel di Jepang sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal untuk lebih meyakinkan konsumen.

Sertifikat halal lengkap diletakkan di samping menu makanan sehingga  dapat terbaca dengan jelas oleh para tamu.

Kehadiran wisatawan muslim memang jauh lebih banyak, terutama setelah tarif penerbangan ke Jepang kian murah. 

Pihak Hotel Sheraton Miyako Hotel di Osaka (Osaka Tennoji-ku) telah melakukan antisipasi terhadap kedatangan wisatawan muslim.

Kepada Tribunnews.com, Rabu (30/7/2014), pihak hotel mengungkapkan bahwa pada 1 Agustus nanti, makanan bentuk bento (kotak makan Jepang) akan disediak bagi tamu muslimnya, dilengkapi dengan sertifikasi halal. Tidak ada unsur Babi dan alkohol yang terkandung pada menu.

Bagi yang ingin menunaikan shalat, Hotel ini juga menyediakan kompas atau memberitahukan arah kiblat dan sajadah.

Sebenarnya Sertifikasi halal yang berasal dari DAMK (Kyoto Kamigyo-ku) telah dimulai dilakukan sejak bulan Juni lalu. Namun, sertifikasi itu baru kali ini dipublikasikan kepada umum & tamu yang datang.

Selain itu sejak dua tahun yang lalu Hotel new Hnkyu Kyoto di Kota Shimogyoku, Mino Yoshi (Higashiyama-ku) juga menyediakan menu yang menggunakan gula sebagai pengganti mirin (alkohol). Respons besar ini kemudian dipertimbangkan juga untuk penanganan di toko-toko lain seperti Osaka.

Demikian pula yang dilakukan oleh sebuah kafe di Kyoto bernama Kafe Granvia Kyoto (Kyoto Shimogyoku) dimulai pada Juni 2013, kafe ini juga mulai menawarkan menu seperti kotak makan siang menggunakan makanan halal di restoran Jepang pada April 2014 lalu.

Saat ini, populasi muslim dunia menjadi sekitar dua miliyar orang. Diprediksi Muslim juga menyumbang hampir 30 persen dari populasi dunia pada 2030. Permintaan untuk makanan halal semakin luas saat ini.

Akhir-akhir ini turis dari Asia Tenggara khususnya dari Indonesia, dan umat Islam semakin banyak diantara lain karena adanya taman baru Harry Potter di dalam Universal Studios Japan yang ada di Osaka Konohana-ku.

Bagaimana pendapat kalian mengenai Restoran yang telah dilengkapi cap halal di Jepang ini? Jika menurut anda artikel ini sangat bermanfaat silahkan bagikan, jika ada kekeliruan dalam penulisan atau terdapat kekurangan dalam artikel kami silahkan tulis di komentar.

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter