Seperti ini Etika Bertamu di Jepang

Jika sudah lama kita tinggal di Jepang, ada saatnya kita akan diundanq ke rumah seseorang. Sebagai tamu, apa yang harus kita lakukan agar tuan rumah merasa senang dan tidak membuat tuan rumah tersinggung? Apa ada etika khusus ketika bertamu di Jepang? Ayo simak!

Waktu dan Pakaian

  • Waktu
Ketika kamu akan mengunjungi rumah orang Jepang, jangan lupa untuk memberi tahu waktu, tanggal dan jam berapa kamu akan berkunjung. Jika kamu datang tanpa memberitahu waktu terlebih dahulu, maka akan dianggap tidak sopan. Selain itu, hindari juga datang sebelum waktu yang sudah dijanjikan, bisa saja tuan rumah belum siap. Jika terlambat beritahu terlebih dahulu ya.
  • Pakaian
Berpakaian juga ada etikanya lho. Etika berpakaian tergantung pada kunjungan yang kamu lakukan ini dalam rangka apa, atau seberapa dekat kamu dengan si tuan rumah. Jika acara resmi, datanglah dengan pakaian yang rapi dan bersih. Mengenakan pakaian dengan warna dan bahan yang sesuai musim juga dapat memberi kesan baik dari tuan rumah lho.

Ada aturan tertentu nih kalau masuk ke dalam rumah yang bernuansa Jepang. Kamu harus menggunakan pakaian yang dapat membuatmu nyaman duduk di lantai. Selain itu, sebaiknya gunakan kaos kaki atau stocking karena sepatumu harus dilepas.

Etika Sebelum Masuk Rumah

Sudah menjadi hal yang lazim di Jepang jika melepas jaket sebelum masuk rumah. Nah, ketika tuan rumah meizinkanmu masuk ke area genkan berilah salam pada tuan rumah. Kemudian lepas sepatumu ketika tuan rumah berkata "agatte-kudasai" ("mari masuk"). Ketika melepaskan sepatu atau menutup pintu jangan membelakangi tuan rumah, tutupah pintu sambiI berdiri di posisi yang sama. Pastikan sepatumu ditaruh dengan rapih ya.

Etika Memberi Hadiah

Kebiasaan memberi hadiah saat mengunjungi seseorang juga dimiliki oleh orang Jepang. Biasanya hadiah paling umum adalah wagashi yaitu kue-kue manis Jepang dan buah-buahan. Tetapi, jika kamu tahu benda apa yang buat mereka suka, maka berikanlah benda itu. Jika hadiah yang kamu bawa itu harus tetap dalam kondisi dingin atau beku, maka berikanlah pada tuan rumah saat di genkan. Jika sebaliknya, berikan saat sudah memasuki sebuah ruangan.

Apa yang harus dilakukan ketika kamu sudah di dalam rumah?

  • Ruangan bergaya Jepang
Jika kamu diundang ke dalam ruangan yang bergaya Jepang jangan duduk di atas zabutin atau bantal duduk sebelum tuan rumah datang lalu pilihlah tempat dekat pintu masuk di mana kamu tidak akan menghalangi jalan. Ketika tuan rumah masuk ke dalam ruangan berikan salam, dan berikan hadiahmu disaat yang sama. Ketika akan memberikan hadiah, pastikan hadiah tersebut sudah kamu keluarkan dari tas dan memberikannya menghadap ke penerima. Duduklah ketika tuan rumah mempersilahkanmu duduk di zabuton. Hati-hati jangan sampai menginjak zabuton-nya ya.
  • Ruangan gaya barat
Jika kamu diajak masuk ke ruangan bergaya barat dan diminta untuk menunggu terlebih dahulu, maka duduklah di kursi yang paling dekat dengan pintu ke luar. Berdirilah dan menunduk sambil memberi salam. Lalu berikan hadiahmu setelah memberi salam ketika tuan rumah masuk.

Ketika ditawari Makanan dan Minuman

Sebagai bentuk keramahan, biasanya tuan rumah akan menawarkan makanan dan minuman. Jika ditawari, jangan sungkan untuk menerimanya. Terkadang, tuan rumah malah menanyakan tentang apa yang kamu suka. Jika ditanya begini, kamu dapat menjawabnya dengan jujur, namun jangan membuat permintaan yang terlalu rinci. Jangan lupa untuk mengatakan "itadakimasu" sebelum mulai makan. Dan jika kamu telah memakan sesuatu, harus dihabiskan.

Etika Ketika Pulang

Walaupun hal ini tergantung dari apa tujuan berkunjung dan seberapa dekat hubunqanmu dengan tuan rumah, waktu untuk bertamu yang baik ialah sekitar 1 jam saja. Sebagai tamu, kamulah yang harus memberitahukan kapan akan pulang. Nah, beda ruangan ternyata beda etika bertamunya berbeda lho. Pamitlah di luar zabuton jika kamu berada dalam ruangan bergaya Jepang. Sementara jika di ruangan bergaya barat maka berdirilah sebelum berpamitan. Ambil jaket dan barang bawaanmu sambil berjalan menuju genkan, lalu ucapkan lagi salam di genkan. Jika kamu mengenakan sandal rumah, simpan sandal tersebut dengan rapi di tempatnya semula.

Agar terkesan sopan. untuk jaket sebaiknya dipakai di luar rumah. Untuk mendapat impresi baik dari pemilik rumah, sebaiknya kamu mengirim email ucapan terima kasih pada tuan rumah. Jangan lupa ya!

Nah, seperi itulah etika bertamu Jepang, bagaimana pendapatmu mengenai etika bertamu Jepang? jika menurut kalian artikel ini bermanfaat silahkan bagikan, bila ada kekurangan silahkan tambahkan di komentar ya...!

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter