Kosakata Bahasa Jepang untuk Traveling


Kamu sudah merencanakan untuk berlibur ke Jepang? Sebelum kamu mengemas pakaianmu ke dalam koper, mari kita pelajari terlebih dahulu beberapa deretan kosakata dalam bahasa Jepang yang akan dipakai selama menjelajahi Negeri Matahari Terbit itu.
Walaupun kamu tidak punya dasar tentang Bahasa Jepang, kamu hanya perlu mempelajari kosakata dan dasar-dasar percakapan di bawah ini. Cukup luangkan wkatumu sedikit saja untuk mempelajarinya, baru deh kamu siap untuk jalan-jalan di Jepang tanpa khawatir.

Mari kita pelajari bersama!

Saat tiba di Jepang

Saat kamu tiba di Jepang, yang perlu kamu lakukan adalah mengucapkan beberapa percakapan singkat dengan petugas bandara/imigrasi. Kosakata yang perlu kamu ketahui adalah:


Berkeliling Kota

Pastinya kamu sudah tak sabar ingin mengelilingi kota dengan berbagai moda transportasi, termasuk salah satunya yaitu kereta Jepang yang terkenal selalu tepat waktu. Beberapa Kosakata Bahasa Jepang berikut ini dapat membantumu saat dalam menjelajahi tempat-tempat asik di Jepang.


Berada di Hotel

Beruntung jika kamu mendapat penginapan dengan staf yang mahir dalam berbahasa Inggris. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menguasai beberapa kosakata saat berada di penginapan/hotel yang dapat kamu pakai sewaktu-waktu.


Dasar/basik Percakapan Bahasa Jepang

Selain kosakata tersebut, kamu juga perlu menguasai beberapa frase dasar dalam bahasa Jepang. Umumnya frase ini berguna untuk memulai percakapan dengan warga lokal saat kamu akan bertanya sesuatu, misalnya petunjuk arah, atau membutuhkan bantuan.
oh iya, menguasai dasar-dasar dalam percakapan bahasa Jepang juga menunjukan kamu bersikap sopan saat kamu berada di negeri asing, sekaligus juga menghargai keramahtamahan warga Jepang.

Ucapan Salam

Kamu bisa mengucapkan salam pada mereka yang ada di tempat penginapan atau saat kamu ingin bertanya maupun berbelanja. Dengan menyapa kamu menunjukan sikap ramah, sehingga orang yang disapa pun akan ramah padamu.

こんばんは。
konbanwa
Selamat malam

こんにちは。
konnichiwa
Halo/ Selamat siang

おはようございます。
ohayou gozaimasu
Selamat pagi

おやすみなさい。
oyasuminasai
Selamat tidur

Kata Sakti yang Penting

Setelah berbelanja ataupun setelah dibantu orang lain, pasti kurang enak jika belum mengucapkan terima kasih. Kamu juga terkadang perlu mengucap permisi atau maaf sebelum bertanya sesuatu.

ありがとうございます。
arigatou gozaimasu
Terima kasih

ごめなさい。
gomenasai
Maaf

はい。
hai
Ya(saya mengerti)

いいえ。
iie
Tidak

おねがいします。
onegaishimasu
Please/ minta tolong

すみません。
sumimasen
Permisi

わかりません。
wakarimasen
Saya tidak mengerti

Perkenalan

Ada kalanya saat menemui seseorang kamu perlu memperkenalkan diri atau teman perjalananmu. Coba kamu lakukan dengan percakapan pendek berikut ini.

わたしの ~ です。
watashi no ~ desu
Ini (suami/istri/anak/orang tua/saudara/teman/pacar) saya

わたしのなまえは ~ です。
watashi no namae wa ~ desu
Nama saya ~

Bepergian dan Berbelanja

Saat bepergian mengelilingi kota, baik naik kendaraan umum maupun berjalan kaki, tentu kamu perlu menanyakan arah. Begitupun saat kamu berbelanja, kamu dapat memulai percakapan dengan menanyakan harga sebelum mulai menawar. Oleh karena itu kamu dapat mencoba beberapa contoh percakapan pendek di bawah ini.


Demikian Kosakata Bahasa Jepang dan dasar percakapan yang perlu kamu kuasai/ pelajari untuk traveling ke Jepang. Bagaimana? Cukup mudah kan?

sc: Anibee

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter