Partikel woを dalam Bahasa Jepang

Hallo minna apa kabar, bagaimana aktivitas kalian di rumah? apa kalian baik-baik saja atau merasa bosan dengan aktivitas kalian di rumah? untuk kalian yang beraktifitas di luar rumah semoga diberi kesehatan dan baik-baik saja selama melakukan aktifitas ya. Nah, kali ini saya akan menjelaskan sebuah partikel bahasa Jepang. Partikel apa itu? ya, itu adalah partikel woを. apa itu partikel wo? Partikelを dalam partikel bahasa Jepang berfungsi untuk menandai objek langsung. Objek langsung ialah objek yang menerima tindakan dari suatu kata kerja. Misalnya, dalam kalimat "Asep memakai topi", topi adalah objek langsung. Berbeda dengan bahasa Inggris yang objeknya dapat langaung dipahami oleh adanya lokasi yang muncul setelah kata kerja. Dalam bahasa Jepang, objek diikuti oleh partikel woを seperti pada contoh berikut. Partikelを dahulu diucapkan wo, tetapi sekarang lebih sering dilafalkan o saja.
(わたし)昼御飯(ひるごはん)()べます。
watashi wa hiru gohan o tabemasu.
Saya makan siang / Aku akan makan siang.

Contoh penggunaan partikel woを dalam percakapan

ウディン週末(しゅうまつ)、 よく(なん) を しますか。
udin: shuumatsu, yoku nani o shimasuka?
Udin: Apa yang sering Anda lakukan di akhir pekan?

アセップ: テレビ を ()ます。
asep: terebi o mimasu.
Asep: Saya menonton TV.

ウディン: そうですか、 (わたし) も よく テレビ を ()ます。
udin: soudesuka, watashi mo yoku terebi o mimasu.
Udin: Oh ya? Saya juga sering menonton TV.

Catatan

勉強べんきょうします terdiri dari kata benda 勉強べんきょう, yang berarti belajar, dan kata kerja します yang berarti melakukan. Dengan demikian, dapat diparafrasekan sebagai 勉強べんきょうをします, yang secara harfiah berarti melakukan belajar. Pada kalimat terakhir, penggunaan partikelの berfungsi untuk menunjukan apa yang sedang dipelajari.

日本語(にほんご)勉強(べんきょう)します。
nihongo o benkyou shimasu.
Saya belajar bahasa Jepang

日本語(にほんご)勉強(べんきょう) を します。
nihongo no benkyou wo shimasu.
Saya belajar bahasa Jepang. (secara harfiah, saya melakukan belajar bahasa Jepang).

Partikelを dapat diabaikan ketika makna mudah disimpulkan dari konteks pembicaraan. Akan tetapi tidak mudah untuk dapat menentukan kapan harus menghapus woを dengan tepat.

Demikian penjelasan mengenai partikel wo dalam bahasa Jepang. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan dan dipelajari. Selamat belajar.

sc: BelajarBahasaJepang

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter